4 Tips Dapatkan Akomodasi Gratis di Singapura

SINGAPURA, IHGMA.com – Negara dengan ikon simbolik duyung berkepala singa ini memang dikenal sebagai salah satu negara termahal di dunia. Bukan hanya soal biaya hidupnya saja, tetapi juga karena banyaknya peraturan pemerintah yang mengenakan denda pada setiap pelanggaran yang dilakukan warganya.
Walau mahal, pesona Singapura sangatlah istimewa, terutama bagi masyarakat Asia. Gedung-gedung pencakar langit yang tinggi nan megah, kulinernya yang nikmat, serta berbagai destinasi wisata penuh atraksi menarik menjadi magnet kuat bagi siapa saja yang hendak berkunjung.
Apalagi Singapura sempat menjadi lokasi syuting film fenomenal Crazy Rich Asians baru-baru ini. Sehingga wajar saja, Singapura menjadi semakin ramai turis.
Bagi kamu yang ingin menyambangi Negeri Singa yang satu ini tapi khawatir dengan masalah biaya akomodasi, tak perlu khawatir. Karena kumparanTRAVEL kali ini akan memberikan tips menarik untuk mendapatkan akomodasi gratis. Apa saja? Yuk, simak.
1. Berkemah di Pulau Ubin

Pulau Ubin di Singapura

Pulau Ubin di Singapura (Foto: Flickr/Jirka Matousek)

Di Singapura, kamu bisa menginap tanpa harus memperoleh izin resmi, yaitu di Pulau Ubin. Pulau Ubin merupakan sebuah pulau di lepas pantai timur Singapura yang tak memerlukan permohonan izin untuk mendirikan tenda.
Beberapa tempat di Pulau Ubin yang bisa kamu inapi antara lain Perkemahan Jelutong dan juga Pantai Mamam.
Untuk masalah sanitasi, kamu tak perlu khawatir, karena Pulau Ubin menyediakan toilet bagi para pengunjungnya, hanya saja karena tidak menyediakan air minum, kamu harus membawa air kemasan untuk dikonsumsi.
Selain tidak memerlukan izin utnuk mendirikan tenda, Pulau Ubin merupakan atraksi turis yang cukup populer di antara berbagai desa yang dijadikan sebagai destinasi wisata.
2. Menggunakan Layanan Couchsurfing

Ilustrasi menggunakan media sosial

Ilustrasi menggunakan media sosial (Foto: Pixabay)

Bagi para traveler, nama Couchsurfing pastinya tidak asing lagi. Situs traveling yang memungkinkan kamu menemukan teman yang menyediakan akomodasi untuk menginap itu bisa kamu jadikan alternatif dalam mencari akomodasi gratis.
Di Singapura, kamu bisa menemukan komuitas Couchsurfing yang aktif. Hanya saja karena host (penyedia tempat tinggal) di website Couchsurfing lebih sedikit dibandingkan dengan permintaan dari pada traveler, jadi peluang kamu untuk mendapatkan tempat menginap jadi lebih kecil.
Hal ini terjadi karena banyak orang dewasa di Singapura yang memutuskan untuk hidup bersama orang tuanya sebelum mereka menikah. Sementara para pekerja asing biasanya berbagi tempat tinggal dengan flatmates-nya.
3. Barter Keahlian

Ilustrasi tempat berkebun

Ilustrasi tempat berkebun (Foto: Pixabay)

Selain kedua cara di atas, masih ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan akomodasi gratis saat traveling di Singapura. Yaitu dengan melakukan barter, atau menukar keahlian yang kamu miliki dengan penginapan.
Misalnya saja dengan ‘menjual’ keahlian seperti mengasuh bayi, bertani di kebun, atau membantu bisnis keluarga dengan keterampilan digital. Untuk tahu kebutuhan dan pihak yang memerlukannya, kamu bisa menjajal layanan dari website seperti Workaway, HelpX, dan Volunteers Base.
4. Menjadi Penjaga Rumah Tangga Sementara

Ilustrasi hewan peliharaan

Ilustrasi hewan peliharaan (Foto: Pixabay)

Bagaimana, sudah mendapatkan tempat menginap tak berbayar dengan melalui ketiga website di atas? Jika belum, masih ada satu cara lagi yang bisa kamu coba, lho. Yaitu dengan menjadi penjaga rumah tangga.
Meski pekerjaan ini hanya tersedia sedikit setiap tahunnya, tapi dibandingkan dengan menyewa kamar hotel, cara ini bisa membuat kamu hemat lebih banyak uang. Caranya adalah dengan mencari lowongan di berbagai situs terpercaya, seperti TrustedHouseSitters dan Nomador.
Biasanya penduduk Singapura mengunggah kebutuhan mereka dalam mencari penjaga rumah atau hewan peliharaan di situs tersebut. Menariknya, di situs ini kamu bahkan bisa menyesuaikan lowongan yang kamu minati dengan jadwal yang kamu miliki. Menarik, kan?

Leave a Reply