7 Tips Menjalankan Bisnis Hotel Skala Kecil

IHGMA.com – Bisnis hotel tidak bisa langsung besar dan mewah. Anda pun bisa memulainya dengan hal-hal kecil dahulu. Seperti membangun hotel kecil untuk wisata bagi turis. Dengan menjalankan hotel kecil, Anda akan mempunyai pengalaman yang cukup ke depannya untuk melangkah. Dan tentunya berguna untuk menjalankan bisnis hotel yang lebih besar lagi.

Semakin banyak orang hari ini yang meninggalkan pekerjaan kota mereka, berganti negara dan membuka usaha kecil wisatawan seperti hotel. Jika Anda saat ini duduk di kantor dan bermimpi membuat hotel, itu merupakan ide yang bagus, untuk menjalankan sebuah hotel wisata yang memiliki propek yang cerah. Itu merupakan hal yang bagus, tapi memerlukan kerja keras di dalamnya. Berikut beberapa tips dalam menjalankan bisnis hotel kecil:


Modal

Anda bisa mendapatkan modal dengan meminjam dari bank. Putuskan apakah benar-benar harus melakukan ini. Karena Anda harus membayar pinjamaan rumah serta pinjaman untuk bisnis. Pergunakan modal yang dimiiki dengan sebaik-baiknya agar modal itu tidak terbuang sia-sia. Selain itu juga, ketika modal itu digunakan, utamakan hal-hal yang lebih penting terlebih dahulu. Dengan meminjam dari bank, ini akan memacu Anda untuk berani karena sudah bertaruh dengan meminjam uang dari bank dikutip dari bisnishack.com.

Sebuah perencanaan bisnis sangat penting untuk kesuksesan Anda

Survey pesaing lokal Anda untuk melawan persaingan dari hotel setempat. Pelajari kelemahan mereka untuk dijadikan ebagai modal kekuatan dalam hotel Anda. Jangan minder karena baru membuka bisnis hotel. Dengan menawarkan sesuatu yang tidak ada di hotel lain, hal ini bisa menjadi kekuatan yang baru untuk mendapatkan klien. Jangan ragu untuk melakukan terobosan baru, karena dengan hal itu bisnis hotel Anda akan dilirik dan tidak dipandang sebelah mata.

Lokasi 

Jika ingin merambah ke dunia pariwisata, maka ini harus menjadi hal utama yang Anda pikirkan. Sebuah wilayah memiliki sesuatu yang istimewa untuk Anda dan bagi klien. Jika belum mempunyai sesuatu yang istimewa maka jangan heran jika klien yang Anda dapatkan sedikit.

Pelajari juga daerah Anda. Apa yang ada, hal-hal istimewa apa yang bisa ditawarkan kepada para tamu. Gali lebih dalam lagi tentang nilai-nilai kearifan lokal warga setempat, karena dengan begitu, hotel Anda otomatis akan melestarikan kebudayaan warga setempat.

Perkemahan

Jika hotel Anda dekat dengan laut, sungai danau atau pegunungan, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk perkemahan. Dengan melakukan ini akan memberikan petualangan menginap baru bagi para tamu yang ingin meraskan sensasi yang berbeda dengan berkemah.

Hidup di luar negeri

Jika pindah ke suatu negara dengan bahasa atau budaya yang berbeda. Maka Anda harus berhati-hati dalam mengandalkan perdagangan Anda, ini bisa menjadi bencana dalam musim yang buruk.

Jenis bisnis 

Tidak ada benar salah disini, tapi Anda harus berpikir tentang apakah perlu menyewa orang lain atau tidak.

Musim 

Di luar negeri beda dengan di Indonesia, musim mereka sampai 4 yaitu semi, gugur, salju dan panas. Jika Anda ingin membuka hotel di luar negeri, Anda harus menyesuaikan dengan musim mereka.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuka bisnis hotel kecil-kecilan tapi menguntungkan. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan selamat berbisnis! Segera raih kesuksesanmu dengan berbisnis!

Leave a Reply