Angin Segar Industri Travel

Sejumlah wisatawan mengabadikan suasanai matahari terbenam (sunset) di kawasan wisata Bukit Silvia, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT Minggu (19/1/2020). Bukit Silvia merupakan salah satu kawasan wisata yang sering dipadati oleh wisatawan domestik dan man | Antara Foto

ihgma.com – Program vaksinasi yang dimulai sejak awal 2021 dan terus digencarkan hingga kini memberikan angin segar bagi industri travel. Diperkirakan, industri dan dunia pariwisata akan kembali bergeliat secara bertahap.

Kondisi ini tentu memberi peluang bagi perbaikan perekonomian nasional dari bidang kepariwisataan dan berbagai usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) terkait.

Sebagai salah satu contoh, aplikasi pemesanan perjalanan, tiket.com mengalami perbaikan dalam bisnisnya. Setelah mengalami kerugian cukup besar pada 2020, online travel agent (OTA) pertama di Indonesia itu kini mencatatkan kinerja bisnis terbaik selama pandemi, mulai awal 2021.

Co-Founder and Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa menjelaskan, mulai awal 2021 transaksi di semua lini produk unggulan meroket rata- rata 700 persen bila dibandingkan dengan periode kuartal II 2020. Ini menandakan bahwa berwisata atau jalan-jalan adalah salah satu kebutuhan primer yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Pariwisata juga menjadi salah satu tanda-tanda pertumbuhan ekonomi karena pada periode yang sama, perekonomian pun tumbuh sekitar tujuh persen. Pada kuartal II 2021, transaksi tiket pesawat meningkat 400 persen, transaksi akomodasi terdongkrak 600 persen, serta transaksi hiburan dan essentials travel di tiket To Do menanjak 1.100 persen.

“Ada tiga fitur terbaik pada kuartal II 2021, yaitu fitur tiket PayLater, fitur Hotel + tiket Flexi untuk program Long Stay Package, dan tiket To Do untuk pencarian tes Covid- 19 serta pendaftaran peserta vaksinasi Covid-19 di sentra tiket.com,” kata Gaery dalam konferensi pers, tiga pekan lalu.

Leave a Reply