Bali Masih PPKM Level 4, tapi Objek Wisata Mulai Uji Coba Dibuka

Ilustrasi Bali. (Dok. Kemenparekraf)

ihgma,com, Jakarta – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di Bali masih ada di Level 4. Namun pemerintah setempat mulai melonggarkan sejumlah aturan, terutama terkait sektor pariwisata.

Gubernur Bali Wayan Koster mengizinkan daya tarik wisata arau objek wisata untuk melakukan uji coba pembukaan dengan kapasitas pengunjung 50 persen. “Dengan penerapan prokes ketat dan menggunakan Aplikasi PeduliLindungi untuk DTW alam, budaya, buatan dan spiritual,” kata dia dalam keterangannya, Selasa, 7 September 2021.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan PPKM COVID-19 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali. SE tersebut didasarkan pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3 dan Level 2 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Sementara itu, mal atau pusat perbelanjaan bisa buka dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dibuka dan diizinkan beroperasi dengan kapasitas pengunjung 50 persen sampai dengan pukul 21.00 Wita,” kata Koster seperti dilansir Tempo.

Dalam pembukaan tempat publik itu, masyarakat, baik pengunjung maupun pegawai wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining. Pengunjung yang diizinkan masuk ke pusat perbelanjaan atau mal juga dibatasi.

Leave a Reply