Bukittinggi Pertama di Indonesia Membuka Tempat Wisata dengan Laksanakan AKB

ihgma.com – Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) saat ini mengambil langkah baru, dengan membuka kembali daerah wisata, menyusul  terjadinya wabah pandemi COVID-19.

Seluruh provinsi di Indonesia menutup tempat-tempat wisata di daerahnya masing-masing sejak mulainya masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) seperti dilansi Kabartravel Jumat (20/11).

Saat ini Provinsi Sumatera Barat setelah habis masa berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan segera  mengambil langkah baru dalam penerapan pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pemprov Sumbar membuka kembali daerah wisata.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dalam sambutannya pada penganugrahan wisata 2020 pada  Kamis (19/11/2020), mengatakan bahwa sektor pariwisata merupakan prioritas unggulan di Sumbar. Meskipun saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Di Indonesia, Sumbar pertama kali yang membuka tempat-tempat wisatanya yaitu kota Bukittinggi,” ujar Irwan Prayitno.

“Mulai saat ini setiap pengunjung serta pelaku usaha wisata kita wajibkan untuk lakukan swab test, termasuk hotel dan restoran ataupun tempat UMKM yang menjual produk lokal,” tutur Irwan Prayitno menambahkan.

Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tetap memberikan pelayanan swab test secara gratis pada tempat yang telah ditentukan. Kemudian wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat harus sehat.

Masyarakat Sumatera Barat dalam penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru, dibolehkan kembali untuk keluar rumah, beraktifitas ke tempat ibadah, ke pasar dan bekerja, tapi tetap harus mengikuti protokol kesehatan.

Pemerintah provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata mengadakan Wisata Award untuk tahun 2020.

Acara bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten/kota yang mampu menunjukan hasil yang signifikan dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata didaerahnya masing-masing.

Lebih lanjut, Irwan Prayitno memberikan apresiasi bagi daerah kabupaten/kota yang menerima penghargaan Wisata Award tahun 2020.

“semoga penghargaan yang diberikan menjadi motivasi kedepannya, untuk terus meningkatkan pariwisata,” pungkas Irwan Prayitno.

Leave a Reply