Dahsyat!!! Perindo Akan Sulap Kawasan Pelabuhan Perikanan Menjadi Kawasan Wisata Perikanan

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Events Rizki Handayani Mustafa

ihgma.com, Jakarta – Perum Perindo memperoleh insight atau masukan untuk mengembangkan bisnis perikanan terintegrasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dalam hasil audiensi antara Jajaran Direksi Perum Perindo dengan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Events Kemenparekraf dapat ditarik kesimpulan Kementerian mendukung penuh inisiatif Perum Perindo untuk mengembangkan kawasan wisata perikanan.

Kendati begitu, kawasan pelabuhan perikanan harus disulap agar memiliki daya tarik bagi wisatawan. Salah satunya dari segi keamanan, kebersihan, suplai air dan ide kreatif yang berbeda (distinctive).

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Events Rizki Handayani Mustafa mengatakan Pelabuhan Perikanan Muara Baru Jakarta sangat potensial untuk dikembangkan.

“Ke depannya bisa dikembangkan tak hanya menjadi pelabuhan perikanan saja. Itu kan memang sudah lini bisnisnya, tetapi harus beyond core business,” kata Rizki dalam keteranganya yang dikutip Industry dari laman resmi Kementerian ESDM, Senin (5/4/2021).

Rizki mengungkapkan gagasan yang bisa diambil antara lain segmen aktivitas perikanan, edukasi seperti museum perikanan atau semacamnya, wisata kapal pinisi serta tempat bersandarnya pinisi dan industri kreatif dari limbah ikan.

“Itu yang saya maksud dengan beyond the core business,” tuturnya.

Audiensi dihadiri oleh Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto dan Direktur Operasional Raenhat Tiranto Hutabarat.

Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto menjelaskan tentang site plan Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman Muara Baru Jakarta. Perum Perindo telah menggodok wisata bahari di kawasan pelabuhan sejak 2017 lalu.

Fatah mengatakan pihaknya akan kembali melakukan kajian untuk pengembangan kawasan perikanan terintegrasi. Perum Perindo tentunya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berada di kawasan pelabuhan.

Leave a Reply