Desa Wisata Nglanggeran Wakil Indonesia di Best Tourism Village Pariwisata Dunia

Embung di Destinasi Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Yogyakarta. Foto. dok. Pengelola Dersa Wisata Nglanggeran

ihgma.com,  Jakarta – Desa Wisata Nglanggeran di Gunungkidul, Yogyakarta terpilih mewakili Indonesia dalam ajang Desa Wisata Terbaik atau Best Tourism Village dari organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO). Desa ini dikelola sebagai Geopark Gunung Sewu dan pada 2015 berhasil masuk dalam jaringan UNESCO Global Geopark.

Sugeng Handoko, Sekretaris Pengelola Desa Wisata Nglanggeran mengatakan, “Kami Bersyukur untuk kesempatan ini. Proses panjang pengembangan Nglanggeran untuk menjaga kelestarian alam melalui pengembangan Desa Wisata ternyata mendapat apresiasi banyak pihak,” ujarnya. “Dengan pengembangan desa wisata budaya dan kearifan lokal semakin terjaga, menmbuka lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” seperti dilansir Tempo.

Sejak kapan Nglanggeran menjadi desa wisata? “Saya sendiri bingung ketika ditanya kapan menjadi Desa Wisata, rintisan sejak 1999 sejak para senior kami dulu di Karang Taruna melakukan gerakan konservasi,” kata Sugeng Handoko. “Saat itu saya masih SD dan juga dilibatkan. Kami intens pengembangan Desa Wisata sejak tahun 2007. Kami mengenali potensi, baik SDM (sumber daya manusia-Red) maupun SDA (sumber daya alam-Red), mengelola potensi itu dan mengenalkan keluar agar menarik untuk dikunjungi,” ujarnya.

Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, DIY. (Tempo/Pribadi Wicaksono)

Leave a Reply