Desa Wisata Nglanggeran Wakil Indonesia di Best Tourism Village Pariwisata Dunia

Seiring waktu, keberadaan Desa Wisata Nglanggeran memperoleh pengakuan sebagai destinasi wisata unggulan dan meraih berbagai penghargaan  antara lain, bersama Organisasi Karang Taruna meraih predikat “Juara 1 Penyelamat Lingkungan” Seleksi Kalpataru 2009 Propinsi DIY, Bersama Pengelola Gunung Api Purba mendapatkan penganugrahan CIPTA Award dari Kemenbudpar RI Tahun 2011 sebagai presentator saat lomba dan penerima penghargaan, bersama Sentra Pemuda TPM, Menjadi UKM Terbaik dalam Program Lomba Wirausaha Inovatif Berbasis Lingkungan dan Sosial  oleh Yayasan Inovasi Teknologi  Indonesia (INOTEK) kerjasama PT. Sampoerna. Tbk Tahun 2015.

Selain itu juga, bersama Pokdarwis Nglanggeran, menjadi Pemenang Desa Wisata Terbaik Asean konsep CBT Tahun 2017, dan bersama Pokdarwis Nglanggeran, menjadi Pemenang ASTA (Asean Sustainable Tourism Award) Tahun 2018.

Dalam perjalanan selanjutnya menjadi geopark karena Desa Wisata Nglanggeran berhasil memenuhi konsep pengembangan kawasan dengan tiga unsur utama di dalamnya yaitu GeodiversityBiodiversity dan Culturaldiversity. Menerapkan prinsip konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat untuk mendapatkan ekonomi sehingga bisa tetap menjaga dan melestarikan alam, budaya serta kehidupan di dalamnya.

“Alhamdulillah, Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi salah satu Geosite di Gunung Sewu UNESCO Global Geopark, diakui ditingkat dunia dan menjadi kebanggan kita bersama,” kata Sugeng Handoko. Desa Wisata Nglanggeran menjadi destinasi wisata unggulan di Gunungkidul, Yogyakarta. Pengunjung bukan saja bisa menikmati keindahan asri kawasan ini, tapi dapat pula menginap di rumah warga karena pengelola memberdayakan rumah masyarakat sebagai sebagai home stay.

Leave a Reply