Dorong Wisata Medis, Indonesia Health Tourism Board Segera Dibentuk

Ilustrasi wellness tourism. Foto: Kemenparelraf

ihgma.com – Pemerintah terus mendorong upaya pengembangan wisata medis atau medical tourism di Indonesia. Salah satunya adalah dengan membentuk badan pengembangan wisata medis, yakni Indonesia Health Tourism Board (IHTB).

Hal tersebut disampaikan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, dalam Rapat Koordinasi Pembentukan Indonesia Health Tourism Board yang digelar secara virtual, Rabu (16/9) seperti dilansir Kumparan.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Willy Kurniawan/REUTERS

“Tujuan utama pembentukan IHTB adalah untuk menaungi dan mengembangkan wisata kesehatan di Indonesia. IHTB juga diharapkan dapat meminimalisasi ketidakpercayaan masyarakat pada institusi medis di Indonesia, dan meningkatkan nilai tambah bagi perekonomian nasional,” ujar Luhut.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap masalah kesehatan menunjukkan tren positif, terindikasi melalui pengeluaran di bidang kesehatan yang mencapai 337 dolar AS per kapita pada 2018, serta peningkatan Foreign Direct Investment di bidang kesehatan, dengan investasi tertinggi berasal dari Singapura, Australia, dan China.

“Ini menandakan bahwa sektor kesehatan Indonesia memiliki peluang investasi yang menjanjikan di masa depan,” ujar Luhut.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, yang turut hadir secara virtual memaparkan, Kemenkes selaku koordinator Pokja (kelompok kerja) Penyederhanaan Regulasi, saat ini sedang menyederhanakan regulasi terkait pengaturan penyelenggaraan wisata medis.

Ilustrasi seorang perempuan mencoba totok wajah saat spa Foto: Shutterstock

Leave a Reply