Grup Angklung Indonesia Getarkan Jacksonville AS

Angklung Foto: Blogspot.com

ihgma.com – Grup musik tradisional, Angklung Indonesia baru saja menyelesaikan penampilannya di acara World of Nations Celebration (WONC 2021). Acara ini diselenggarakan di kota Jacksonville, Florida, Amerika Serikat, 26-28 Februari 2021 yang lalu.

Grup musik yang dipimpin oleh Megasari Elisabet, wanita muda Indonesia lulusan S2 jurusan piano pedagogy dari University of South Florida ini menggetarkan angklung-angklungnya memainkan lagu Girls Like You yang dipopulerkan Maroon 5. Selanjutnta, grup memainkan lagu Galih dan Ratna yang sudah dikenal di Indonesia.

Angklung Indonesia merupakan sebuah organisasi nirlaba yang sudah terdaftar resmi di negara bagian Florida sejak tanggal 13 September 2019. Tujuannya  untuk memperkenalkan dan mempromosikan angklung di seluruh pelosok Florida dan juga di kota-kota besar lainnya di Amerika Serikat.

“Awesome performance!”, ungkap Yanti Wyant yang sengaja datang dari kota Savanah, Georgia, yang berada kira-kira dua jam perjalanan darat, demi untuk menyaksikan penampilan seni dan budaya Indonesia.

Tidak hanya itu, ratusan orang Indonesia yang tinggal di USA sengaja datang ke acara ini untuk memberikan dukungan bagi peserta Indonesia.

Panitia pada booth dari negara Indonesia melakukan interaktif angklung bersama para pengunjung, dengan mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari meminta pengunjung untuk tetap memakai maskernya, membagikan angklung dengan memakai gloves, hingga memberikan hand sanitizer kepada setiap pengunjung yang ingin belajar memainkan angklung.

Interaktif Angklung merupakan bagian dari kerja sama Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Washington DC denganAngklung Indonesia yang diberi nama ‘Angklung Goes to America 2021’. Program yang sedang berlangsung ini sedikitnya diikuti oleh 80 institusi yang tersebar di berbagai negara bagian AS, dimana bukan hanya tampil memainkan angklung tapi juga mengajak penonton untuk berperan aktif bermain angklung bersama.

World of Nations Celebration 2021 ini diikuti oleh lebih dari 20 negara di dunia dan dihadiri oleh ribuan pengunjung setiap harinya. Pengunjung menyaksikan pertunjukkan seni dan budaya dari masing-masing negara serta untuk menikmati makanan dan minuman khas dari negara-negara tersebut.

“Luar biasa, kami sangat surprise dengan kegiatan yang diadakan ini. Membanggakan sekali dapat terlaksana di saat situasi pandemik ini”, ucap Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Washington DC, Poppy Rufaidah seperti dilansir Republika.

Leave a Reply