Hari Libur Nasional, 37 Juta Warga AS Travelling

Foto: Warga AS yang telah divaksinasi beraktivitas tanpa menggunakan masker di Montrose Beach, Chicago. (AP/Shafkat Anowar)

ihgma.com – Dalam rangka hari libur nasional tahun ini, yakni hari libur dalam rangka Memorial Day untuk menghormati anggota militer yang tewas dalam menjalankan tugasnya, kemarin, Senin (31/05/2021), warga Amerika Serikat pun mulai menikmatinya dengan melakukan perjalanan, setelah setahun lebih hanya menghabiskan waktu di rumah.

Bahkan, sekitar 37 juta orang diperkirakan melakukan perjalanan pada liburan kali ini. Hal ini terjadi setelah lebih dari setengah negara ini mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Tempat tujuan utama para warga AS ini selama libur pekan ini adalah Las Vegas dan Orlando, Florida.

Mengutip CNBC Indonesia dari Reuters, Selasa (01/06/2021), berdasarkan data dari Administrasi Keamanan Transportasi (The Transportation Security Administration/TSA), sebanyak 7,1 juta orang diperiksa di pos pemeriksaan bandara AS dari Kamis hingga Minggu pekan lalu.

Pada Jumat (28/5/2021) pekan lalu menjadi hari dengan jumlah perjalanan tertinggi sejak Maret 2020. AAA Travel pekan lalu juga memperkirakan bahwa perjalanan melonjak 60% selama libur ini dengan 37 juta orang akan melakukan perjalanan 80 kilometer atau lebih.

Namun demikian, jumlah perjalanan di tahun ini masih 13% lebih rendah dibandingkan kondisi normal sebelum pandemi pada 2019.

Sementara itu, United Airlines menyebut pada Senin (31/05/2021) ini menjadi hari perjalanan tersibuk sejak Maret 2020. Diperkirakan jumlah penumpang pesawat mencapai 1,34 juta pada hari tersebut, meski masih turun dari posisi 2,3 juta di periode yang sama pada 2019.

Perusahaan pelacakan GasBuddy mengatakan permintaan bensin AS pada Minggu (30/5/2021) melonjak 9,6% di atas rata-rata empat pekan sebelumnya. Jumlah ini sekaligus menjadi permintaan tertinggi pada Minggu sejak musim panas 2019.

Salah satu warga, Patty Doxsey dari Red Hook, New York mengungkapkan dia dan suaminya yang juga telah divaksin akan melakukan perjalanan panjang menuju Taman Nasional Great Smoky Mountains di Tennessee untuk menikmati liburan selama satu minggu.

Perjalanan ini telah direncanakan sejak tahun lalu namun terpaksa tertunda karena adanya pandemi.

“Saya sangat senang. Ini adalah tahun yang sangat panjang, dan kami suka bepergian,” katanya, seperti dikutip dari Reuters.

Untuk diketahui, hingga Minggu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS sebanyak 50,5% orang Amerika telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19.

Jumlah kasus baru Covid di negara ini baru-baru ini juga mengalami penurunan drastis dari rata-rata sepekan lebih dari 250 ribu sehari pada awal Januari menjadi 18.900 pada Sabtu pekan lalu. Ini menjadi jumlah terendah sejak munculnya pandemi pada Maret 2020 menurut CDC.

Leave a Reply