IHGMA Imbau Hotel Segera Sertifikasi CHSE

Foto : Foto Bersama dari kiri Bapak Yoga Iswara ketua IHGMA DPD Bali, Bapak Gusde Dewan Penasehat DPP IHGMA, Wakil Gubernur Bali Bapak Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si., Bapak Nyoman Astama , Bapak Arya Pering Ketua Umum IHGMA terpilih periode 2021-2024. ( Foto: Pipin),

ihgma.com – Saat ini, sebagian besar hotel di Indonesia telah disertifikasi CHSE oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) lantaran protokol kesehatan yang diterapkan telah memenuhi standar.

Dilansir Kompas, CHSE adalah singkatan dari Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability.

Sertifikasi tersebut merupakan salah satu strategi untuk menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kendati demikian, Ketua Umum Indonesian Hotel Manager Association (IHGMA) I Gede Arya Pering tidak menampik bahwa masih ada hotel-hotel yang belum menjalani sertifikasi tersebut.

Ilustrasi – Kamar hotel(Shutterstock/Dragon Images)

“Yang hotelnya belum sertifikasi CHSE, segera daftarkan. Ini memberikan dampak terhadap hotel dengan melakukan CHSE untuk memunculkan kepercayaan,” tegas dia.

Hal tersebut disampaikan oleh dirinya dalam Focus Group Discussion IHGMA bertajuk “Perhotelan Bangkit—Adaptasi dengan Regulasi?” yang dilakukan secara daring pada Selasa (3/8/2021).

Menurutnya, sertifikasi CHSE menandakan bahwa sebuah hotel telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik sehingga aman untuk dikunjungi oleh calon tamu.

“Hotel dapat memberikan rasa percaya, rasa hormat, dan harga diri karena sudah sertifikasi. Sehingga hotel dipercaya sebagai pilihan tempat tinggal,” jelas Arya.

Menurut data pada 14 Juni 2021, Indonesia mencatat sekitar 2.689 hotel yang sudah sertifikasi CHSE termasuk yang berlokasi di lima destinasi super prioritas.

Leave a Reply