Hostel hingga Hotel Bintang 3, Pilihan yang Cocok untuk Backpacker

JAKARTA, IHGMA.com – Hotel bujet berbintang dua atau tiga merupakan penginapan yang ramah di kantong para backpacker. Sebab, harga yang ditawarkan cukup murah, namun dengan fasilitas cukup lengkap. Tak heran bila di sejumlah lokasi wisata banyak ditemui hotel dengan tarif minimalis tersebut.

Begitu juga dengan hostel dan hotel kapsul. Penginapan dengan konsep komunal atau dormitory ini sekarang sedang banyak berkembang, bahkan di Indonesia. Banyaknya jenis hotel murah tersebut kerap membuat backpacker gamang. Apalagi bagi yang baru pertama kali melancong dan belum familiar dengan beragam jenis hotel.

Sejumlah pertanyaan kerap terlontar. Salah satunya ialah mana yang lebih menguntungkan antara menginap di hotel bintang tiga, dua, dan hostel bagi backpacker?

Director of Operation PT Red Planet Indonesia Florent Pierre Humeau menjelaskan, ketiga tipe penginapan itu bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan para pelancong. Namun, ia merekomendasikan hotel bintang dua untuk traveler yang melancong tidak sendirian.

“Kalau datang berdua, berempat, atau dalam jumlah genap, memilih bintang dua lebih menguntungkan,” ujarnya kepada Tempo saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 26 Juli 2018. Menurut Humeau, hotel berbintang dua lebih ramah di kantong backpacker. Sebab, rata-rata harga per malam untuk menginap di hotel tipe tersebut berkisar Rp 200-300 ribu.

Harga yang ditawarkan ini akan terasa murah bila biaya yang dibebankan dibagi dengan teman sekamar. “Lagi pula, kalau memilih hostel, fasilitasnya tak selengkap hotel bintang dua,” ujarnya.

Hotel berbintang dua rata-rata memiliki fasilitas lengkap, seperti perlengkapan mandi atau toiletries, Wi-Fi, televisi, dan pelayanan 24 jam. Kamarnya pun lebih private dibandingkan dengan hostel. Sementera itu, hostel lebih cocok bila para traveler melancong sendiri.

“Nah, kalau dibandingkan dengan hotel berbintang tiga, harganya terpaut lumayan,” katanya dikutip dari tempo.co. Padahal fasilitas yang ditawarkan hampir sama. Hotel bintang tiga dapat dipilih bila pelancong membutuhkan suasana yang lebih nyaman atau leisure.

Leave a Reply