HUT Kemerdekaan RI ke-76, Dua Putra Bali Terima Satyalancana Kepariwisataan dari Presiden Jokowi

Dua tokoh Bali kembali mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Pemberian tanda kehormatan itu diberikan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Selasa 17 Agustus 2021.

ihgma.com – Dua tokoh Bali kembali mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo.

Adalah Pengelingsir Puri Ubud Tjokorda Gede Putra Artha Astawa Sukawati dan Ida Pedanda Gede Ngurah Karang yang menerima Tanda Kehormatan Satyalencana Kepariwisataan dari pemerintah.

Pemberian tanda kehormatan itu diberikan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Selasa 17 Agustus 2021.

Acara penyerahan tanda penghargaan tersebut dilakukan secara hybrid (langsung dan daring) oleh Kementerian Pariwisata.

Pemberian tanda kehormatan tersebut diberikan seusai keduanya dinilai memiliki jasa-jasa, prestasi dan pengabdiannya dalam meningkatkan pembangunan serta kepeloporan di bidang kepariwisataan yang dapat dibuktikan dengan fakta yang konkret lebih dari lima tahun secara terus-menerus seperti dilansir Bali Tribun.

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, dalam sambutannya menyampaikan pemberian itu berdasarkan atas pertimbangan Kemenparekraf dan pemerintah daerah yang diajukan dan disetujui oleh Presiden Republik Indonesia.

“Bahwa sesuai dengan Pasal 25 Peraturan Pemerintah No 35 Tahun 2010, penghargaan satyalencana bidang pariwisata diberikan telah sesuai atas pertimbangan dari Kemenparekraf dan Pemerintah Daerah yang kemudian diajukan dan disetujui oleh Presiden Republik Indonesia,” jelasnya

Untuk itu, penghargaan bidang kepariwisataan diberikan kepada lima orang penerima, atas dedikasinya dalam pembangunan pariwisata.

Seperti diketahui, Ida Pedanda Gede Ngurah Karang, yang semasa welaka bernama I B Kompiang, adalah putra daerah yang pertama kali membangun hotel di Pantai Sanur pada tahun 1956.

Hotel yang kemudian dikenal dengan nama Segara Village itu dibangun Ida Bagus Kompiang 10 tahun sebelum Hotel Bali Beach (sekarang Inna Grand Bali Beach) Sanur dibangun.

Hingga kini, hotel bintang empat itu masih eksis berdiri di Sanur.

Leave a Reply