Jalur Transportasi Internasional di Kepri Segera Dibuka

Batuan granit berukuran besar menjadi ciri dari Pantai Trikora yang berada di Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepri. (shutterstock.com)

ihgma.com – Menteri Perhubungan sedang menyiapkan aturan-aturan mengenai bandara dan pelabuhan yang dapat menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara ke Kepulauan Riau. Hal tersebut terkait rencana pembukaan jalur internasional dari bandara dan pelabuhan di Provinsi Kepulauan Riau.

Hal ini disampaikan oleh Menhub Budi Karya dalam Rakor bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang dihadiri langsung oleh Gubernur H. Ansar Ahmad secara virtual dari Tanjungpinang, Jumat (8/10).

Gubernur Ansar dalam laporannya menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan zoom meeting bersama sejumlah pimpinan tour and travel di Batam yang khusus membahas rencana pembukaan lalu lintas internasional ini.

“Khusus dari Taiwan, mereka ingin segera melaksanakan tahap awal jika memang pintu masuk sudah dibuka untuk wisatawan mancanegara. Dimulai dengan membuka fun trip hingga dilanjutkan dengan carter penerbangan dari Taiwan langsung ke Batam untuk kegiatan pariwisata,” papar Ansar seperti dilansir Kumparan.

Kemudian untuk Tanjungpinang, Gubernur Ansar menginformasikan sebelum pandemi COVID-19 ada carter flight pesawat dari Shangdong ke Tanjungpinang dengan maskapai Citilink 1 bulan 2 kali.

“Khusus kedua Bandara ini, sesuai arahan Menteri Perhubungan RI perlunya kita menguatkan pemeriksaan di pintu masuknya dengan syarat utama memiliki Tes Cepat Molekuler (TCM),” ujar Gubernur Ansar.

Leave a Reply