Kebijakan Travel Bubble, Wisatawan Singapura Boleh Datang ke Batam 21 April

Montigo Resorts Nongsa, Batam, Kepulauan Riau.

ihgma.com – Kepulauan Riau, khususnya kawasan wisata Lagoi dan Nongsa, direncanakan dapat segera menerima wisatawan mancanegara asal Singapura lewat kebijakan travel bubble. Rencana itu mendapat apresiasi dari pemerintah Singapura.

“Saya rasa ini adalah pencanangan (rencana) yang baik bagaimana kita boleh memulaikan semua perjalanan antara rakyat Singapura ke Kepri khususnya dengan travel bubble,” kata Second Minister for Education & Foreign Affairs Singapura Mohammed Maliki Osman dalam konferensi melalui video dengan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Rabu, 17 Maret 2021 seperti dilansir Tempo.

Kepri sebelumnya menyampaikan bahwa ada dua kawasan wisata di wilayahnya yang siap menyambut kembali turis asing, yaitu Lagoi di Bintan dan Nongsa Point Marina Batam. Kedua kawasan itu dianggap sudah siap menyambut turis asing dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukung.

Maliki pun mengatakan pihaknya akan berkomunikasi dengan Singapore Tourism Board. Dengan kebijakan itu, warganya bisa berwisata ke Indonesia, tapi khusus di kawasan yang ditentukan dalam bubble.

Ansar Ahmad mengatakan bahwa Lagoi dan Nongsa Point Marina memiliki akses terbatas untuk masyarakat umum sehingga memungkinkan untuk penerapan travel bubble. “Rencananya pada 21 April kami akan membuka Bintan Lagoi Resort dan Nongsa Point Marina untuk turis Singapura tentu dengan kontrol protokol kesehatan yang ketat,” kata dia.

Para pelaku wisata dan pihak terkait di dua kawasan itu kini sedang menjalani vaksinasi Covid-19 untuk memastikan keamanan para turis yang datang lewat travel bubble. Sebaliknya, turis asal Singapura diwajibkan tes PCR sebelum datang ke Lagoi dan Nongsa.

Leave a Reply