Kepemimpinan Yang Sukses Di Masa Krisis = Flexibility and Quick Action

Foto: Penulis, S. SAUTA., DBA.

Oleh: S. SAUTA., DBA.
www.syahrulsauta.com

IHGMA.com – Ketidakpastian kondisi bisnis saat ini akibat dari pandemi Covid 19 masih saja berlangsung. Seorang pemimpin bisnis yang professionals akan selalu melakukan upaya alternatif dan strategi bisnis dengan melakukan percobaan dengan membuat produk alternatif yang baru ataupun melakukan trik bisnis yang baru.

Kita melihat Pizza Hut, Domino Pizza, KFC mereka membuat produk baru alternatif dengan cara yang smart dimasa yang serba sulit ini. 4 box pizza hut hanya Rp.100ribu, diikuti Domino Pizza dengan menerapkqn strategi harga dan produk, hanya dengan Rp.16ribu per box. Kedua perusahaan Pizza yang berskala dan punya jaringan International ini mereka melakukan strategi jemput bola dengan cara menjual eceran dijalan-jalan protokol di kota – kota besar Indonesia dengan tujuan sebagai inisiatif merek(brand initiative) yang mereka tonjolkan dengan ungkapan “walaupun suasana bisnis masih lesu dan tidak pasti kami tetap ada untuk pelanggan kami dan kami ada didekat lokasi anda sekalian”.

Begitu juga dengan KFC yang rela melakukan penjualan langsung di jalan-jalan protokol hampir diseluruh kota besar di Indonesia.

Memang seorang pimpinan yang professionals mereka sangat cepat membaca dan bertindak untuk melakukan upaya bisnis agar perusahaan yang dipimpin nya dapat survive di era kondisi pandemi Covid 19 ini berlangsung.

Perlu dibuat catatan bahwa tidak dapat dipungkiri yaitu keberhasilan suatu perusahaan pada saat krisis terjadi sangat dipengaruhi oleh cara dan strategi kepemimpinan yang diterapkan oleh tim manajemen perusahaan tersebut. Peranan seorang Leader sangat diperlukan pada saat krisis terjadi untuk keluar dari resiko bisnis.

Seorang pimpinan yang sukses haruslah berani melakukan hal yang baru pada perusahaan yang dipimpin nya. Dalam keadaan sesulit apapun seorang pimpinan yang sukses pastilah mempunyai solusi untuk keluar dari keterpurukan dan problem bisnis yang dihadapinya.

Seorang pimpinan sukses akan selalu rencana bisnis yang matang sesuai dengan keadaan ekonomi dan prinsip pemasaran bisnis yang berlalu. Mereka sudah siap dengan keadaan ekonomi dan bisnis sesulit apapun, karena mereka sudah mempelajari dan mempunyai strategi khusus yang siap untuk di implementasikan.

Faktor keberanian dan terus mau berbenah diri untuk belajar adalah kunci utama kesuksesan seorang pemimpin bisnis. Dan kunci keberhasilan seorang pimpinan sejati adalah mereka selalu bekerja dengan team serta selalu menjadi pendengar yang baik dari semua lini bawahannya.

Masukan yang terimanya akan diformulasikannya menjadi bagian dari strategi yang akan di terapkannya.

Leadership yang sukses itu adalah flexibility, quick action, responsive dan change agent.(SYS 010820).

Leave a Reply