Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Anjlok 83 Persen

Menikmati Labuan Bajo dengan Kapal Pinisi MV. Sea villa.

ihgma.com – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) Agustinus Rinus mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo di tahun 2020 mencapai 44.543 orang atau anjlok sebesar 83 persen. Adapun jumlah kunjungan wisatawan di tahun 2019 mencapai 256.171 orang.

“Dari data kunjungan yang kami dapat di tahun 2020 itu jumlah kunjungan ada 44.543 kunjungan. Itu sangat menurun cukup signifikan jika dibandingkan tahun 2019 pada posisi 256.171 kunjungan, atau penurunan kurang lebih 83 persen,” ucapnya dalam konferensi pers virtual tentang Progres Pengembangan DPSP Labuan Bajo, Jumat (19/2).

Kendati demikian, dia optimis kinerja pariwisata Labuan Bajo dapat kembali menggeliat di tahun ini. Mengingat berbagai upaya masif yang tengah dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah bersama sejumlah stakeholders terkait lainnya.

Melansir Merdeka Jumat (19/2), di antaranya dengan perluasan penerapan protokol CHSE di seluruh industri pariwisata NTT. “Termasuk di setiap destinasi secara baik,” imbuh dia.

Kemudian, menyusun ulang kalender event berbagai atraksi pariwisata di Labuan Bajo selama tahun 2021. Terutama penyesuaian untuk penyelenggaraan event Flores Today Tour.

“Kita sangat berharap bahwa target kita adalah pasar wisatawan nusantara dapat berjalan baik. Tapi kami sangat optimis Labuan Bajo akan bangkit,” terangnya.

Leave a Reply