Launching Buku Kekayaan Tradisi dan Pariwisata Sanur

DENPASAR, IHGMA.com – Sebagai salah satu objek wisata favorit di Bali. Sanur mengalami pembangunan dan perkembangan yang cukup pesat. Ini menjadi tantangan untuk pelestarian tradisi dan kebudayaannya.
Hal tersebut mendasari terlahirnya sebuah buku yang berjudul “Sanur Merawat Tradisi di Tengah Modernisasi” yang ditulis oleh aktivis senior, Putu Suasta “Membutuhkan sekitar 1,5 tahun untuk merampungkan dan hari ini secara resmi saya launching di Gria Santrian Hotel, Sanur,”katanya.Senin, 19 Agustus 2018.
Buku itu memberi gambaran tentang Sanur dari tradisi hingga perkembangan peradabannya. “Tentu kita semua tidak ingin tradisi yang ada terkikis, maka dalam buku ini agar seimbang saya tuliskan dari dua sisi yakni sisi sebagai orang Bali dan luar Bali,”terangnya dikutip dari kumparan.com.
Buku tersebut ia tulis dengan sangat sederhana sehingga siapapun yang membaca akan cukup mudah dalam memahaminya. Selain itu, sebagai pemahaman dalam membangun Sanur sesuai kultur aslinya agar pembangunan yang akan dilakukan oleh investor tidak dengan caranya sendiri.
Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) selaku Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali menyambut baik peluncuran buku tersebut. Ia mengatakan jika Sanur saat ini cukup seimbang dari segala bidang baik pembangunan yang sesuai dengan aturan hingga perekonomian.
“Buku ini cukup bagus untuk generasi muda khususnya agar tetap menjaga tradisi. Dan kehidupan di Sanur sudah cukup berimbang,”ucap pria asal Ubud ini.

Leave a Reply