L’Etape Indonesia by Tour de France di Lombok NTB Berlangsung September 2021

Zacky Badrudin (kanan), Event Director L'Etape Indonesia by Tour de France, Zulkieflimansyah (kedua dari kanan) Gubernur Nusa Tenggara Timur, bersama peserta dari komunitas balap sepeda saat konferensi pers Rabu, 26 Februari 2020. tempo/Nurul Fara

ihgma.com, Mataram – Sebanyak 5.000 wisatawan dari 18 negara peserta balap sepeda L’Etape Indonesia by Tour de France diperkirakan bakal datang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat atau NTB, pada 10 – 12 September 2021. Peserta balap sepeda ini berasal dari Asia, Australia, Afrika Utara, dan Amerika.

L’Etape Indonesia by Tour de France merupakan bagian dari Tour de France, yang menjadi kejuaraan balap sepeda jarak jauh bergengsi dunia. Peserta ajang balap sepeda yang berlangsung di Lombok, NTB ini, akan melintasi dua jalur jarak, yaitu 125,25 kilometer dan 81,4 kilometer.

Direktur L’Etape Indonesia, Zacky Badrudin mengatakan keikutsertaan para peserta ini berpotensi mendatangkan wisatawan macanegara. “Acara ini menggiatkan olahraga sekaligus membantu promosi pariwisata Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Barat atau NTB,” kata Zacky dalam rapat melalui daring, Selasa 6 Juli 2021.

Dia mengatakan telah mempromosikan agenda L’Etape Indonesia by Tour de France secara global, sehingga populer sampai mancanegara. Selain panitia L’Etape Indonesia Tour de France, ajang balap sepeda ini juga didukung oleh Dinas Pariwisata NTB, Polda NTB, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah NTB, Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, Dinas Pekerjaan Umum NTB, Satuan Polisi Pamong Praja NTB, dan Dinas Kesehatan NTB.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi mengatakan acara balap sepeda L’etape Indonesia by Tour de France akan berlangsung di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Pesepeda yang memilih dua rute tadi akan melintasi berbagai destinasi wisata di sana. “Ini adalah ajang berwisata sambil bersepeda atau wisata bersepeda,” katanya.

Leave a Reply