Luhut Sebut Pantai Pangandaran Dipadati Pengunjung, Okupansi Hotel Hampir Penuh

Ilustrasi pantai Pangandaran (Doc: Travelpromo)

ihgma.com, Jakarta – Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, menyinggung evaluasi uji coba pembukaan tempat wisata di wilayah dengan status level 3. Dia menyoroti pembukaan wisata di Pangandaran, Jawa Barat, yang langsung dipadati pengunjung seusai PPKM dilonggarkan.

“Kami monitor di beberapa wilayah terjadi peningkatan mobilitas yang cukup masif. Utamanya di lokasi wisata seperti Pantai Pangandaran yang dipenuhi pengunjung dari Bandung Raya, Tasik, dan Jabodetabek sehingga berpotensi terjadi penyebaran kasus impor,” ujar Luhut dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual, Senin petang, 13 September 2021.

Melansir Tempo, Luhut mengatakan timnya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mengontrol tingkat kunjungan di tempat wisata agar tak melanggar ketentuan. Pemda setempat akan mengambil tindakan tegas seumpama pengelola tempat wisata tidak menerapkan protokol sesuai aturan yang berlaku.

Selain di titik wisata, Luhut juga menyinggung operasional hotel di kawasan pelancongan. Dari tim di lapangan, Luhut mendapatkan laporan bahwa tingkat okupansi hotel di Pangandaran mendekati penuh. Padahal dalam ketentuan PPKM, pemerintah telah membatasi kapasitas tamu hotel.

Leave a Reply