Mantul! Melancong ke Negara Ini Tak Perlu Dolar, Bisa Rupiah

Ilustrasi Thailand.(shutterstock.com/Nott+Sutthipong)

ihgma.com – Bank Indonesia (BI) terus berupaya agar rupiah bisa digunakan di banyak negara dengan bekerja sama dengan sejumlah bank sentral negara lain. Upaya ini terus dilakukan agar QR Indonesia Standard (QRIS) bisa digunakan untuk transaksi lintas batas negara.

Kerja sama tersebut dimulai dengan Bank Sentral Thailand, dengan kerja sama ini, turis Indonesia yang ke Thailand bisa menggunakan ewallet atau mobile banking bermata uang rupiah di Thailand dan sebaliknya.

Jadi turis tinggal scan QR code menggunakan aplikasi dan pembayaran bisa dilakukan. Hal ini memudahkan transaksi kedua negara. Untuk wisatawan hal ini memudahkan karena tak perlu lagi menukarkan uang ke mata uang lokal.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan dengan QRIS cross border ini memungkinkan negara mitra bisa menerima pembayaran dari aplikasi e-wallet di Indonesia.

“Pada tahap ini, pengguna dari Indonesia sekarang dapat menggunakan aplikasi pembayaran seluler mereka untuk memindai Kode QR Thailand, untuk melakukan pembayaran ke merchant di seluruh Thailand,” ujar Perry.

Direktur Eksekutif/Kepala Departemen Internasional Bank Indonesia (BI) Doddy Zulverdi mengungkapkan LCS ini juga bisa digunakan untuk sektor pariwisata.

Leave a Reply