Mengenal Ryanggang, Hotel ‘Mewah’ Bintang 6 di Korea Utara yang Mirip Penjara

Hotel Ryanggang, Korea Utara Foto: Wikimedia Commons

ihgma.com – Menginap di hotel bintang 6 mungkin menjadi salah satu dambaan wisatawan. Selain diselimuti fasilitas serba lengkap, tentu ada sensasi berbeda saat menginap di hotel mewah.

Bisa jadi yang terbesit di pikiranmu tentang hotel bintang 6 adalah kasur empuk, ruangan yang luas, makanan enak, lampu kristal, sampai living room megah.

Namun, hotel dengan predikat bintang 6 di Korea Utara, bernama Ryanggang ini justru jauh dari ‘kemewahan’.

Alih-alih mewah, hotel berbintang 6 yang terletak di Pyongyang, Korea Utara tersebut justru disebut mirip penjara. Bahkan, tidak lebih baik daripada hotel bintang 3 pada umumnya.

Meski begitu, Ryanggang disebut oleh penduduk setempat sebagai hotel paling mewah di Korea Utara.

Hotel ‘Mewah’ Mirip Penjara

Ilustrasi Hotel Ryanggang, Korea Utara Foto: Wikimedia Commons

Dilansir Kumparan dari Daily Mail, dalam situs perjalanan TripAdvisor banyak wisatawan yang kecewa dengan fasilitas yang diberikan hotel bintang 6 itu.

Hotel ini hanya menerima 31 ulasan dengan mayoritas memberikan tanda jempol ke bawah dan menganggapnya seperti penjara.

Dalam foto testimoni yang diunggah oleh para turis, terlihat tempat tidur yang begitu kecil dan kasur yang tipis. Dilengkapi pula dengan dua bantal kecil. Tidak hanya itu, tempat duduk di ruang tamu juga jauh dari sentuhan modern yang tampak dari kursi dan mejanya.

Salah satu traveler yang pernah menginap di Hotel Ryanggang adalah Simon Ryder dari Merseyside, Inggris, pada Mei 2012.

“Tempat tidurnya begitu keras, menurut saya lantai lebih nyaman. Saya menyiram toilet dan kaki saya ikut basah,” tulis dia.

Tak hanya Simon, seorang tamu dari Afrika juga menyebut hotel klasik bergaya Soviet ini memiliki kasur yang keras seperti batu dan makanan yang tak layak dimakan.

“Kotor, dingin, dan tersembunyi. Penjara Barat saja lebih baik,” tulis pengguna lainnya.

“Kabel listrik benar-benar menyedihkan. Setengah dari soket listrik rusak, dan ada kabel yang keluar dari lantai,” ungkap wisatawan asal Estonia.

Tidak diketahui berapa banyak kamar yang tersedia di hotel ini, karena tidak memiliki website resmi.

Meski begitu, masih banyak wisatawan yang menganggap ketidaknyamanan selama di Ryanggang justru jadi bagian dari pengalaman liburan yang paling berkesan di Korea Utara.

Selain Ryanggang, hotel mewah lainnya adalah Ryugyong yang dibangun setinggi 330 meter. Namun, setelah 29 proyek pembangunan dimulai, hingga kini belum ada tanda-tanda hotel tersebut akan dirampungkan.

 

 

Leave a Reply