Menparekraf Ingin Pemuda Indonesia Hadirkan Event Sport Tourism dengan Kearifan Lokal

Event Sport Tourism (Dok: Kemenparekraf)

ihgma.com – Sebagai upaya untuk menarik wisatawan serta membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pemuda Indonesia untuk menghadirkan kegiatan (event) wisata olahraga atau sport tourism yang berbasis kearifan lokal.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno dalam webinar Pelatihan Pengembangan Pariwisata Olahraga Untuk Pemuda, bertajuk “Membangun Pariwisata Olahraga Di Tengah Pandemi Covid-19”.

“Seperti diketahui, Indonesia tidak hanya memiliki keindahan dari potensi alam yang unik, tapi juga kaya akan budaya serta tradisi. Untuk itu, teman-teman harus menemukan apa kearifan lokal yang dapat menjadi pembeda di tiap destinasi, yang mampu menjadi pengalaman yang otentik dan unik untuk menarik para wisatawan. Seperti di Nias ada gelaran loncat batu, yang merupakan bentuk perpaduan antara olahraga dan juga budaya,” ujarnya, di Jakarta, Kamis (8/7/2021).

Menparekraf mengatakan sport tourism merupakan tren pariwisata baru yang memiliki pasar cukup besar. Di Indonesia sendiri pertumbuhannya bisa mencapai hampir Rp18,790 triliun sampai dengan tahun 2024.

Leave a Reply