Pembukaan Penerbangan Internasional ke Bali Ramai Diwartakan di China, Xinhua Turut Memberitakan

Foto: Bandara Ngurah Rai, Bali, Indonesia. (AP/Firdia Lisnawati)

ihgma.com, Denpasar – Rencana pembukaan penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai Bali mendapat tanggapan dari sejumlah media di China.

Berita Bali akan dibuka untuk wisatawan mancanegara (wisman) itu ramai diwartakan media-media China.

Setidaknya ada empat media China yang memberitakan Bali dibuka untuk wisatawan asing, yaitu Xinhua, Global Times, Zhonggua Xinwenwang, dan The Waijiao seperti dikutip Bali Tribun.

Keputusan pembukaan Bali untuk turis asing mulai 14 Oktober 2021 diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengatakannya saat mengumumkan PPKM diperpanjang di Indonesia melalui tayangan YouTube akun Sekretariat Presiden pada Senin (4/10/2021).

“Setiap penumpang kelas internasional harus punya bukti booking hotel untuk karantina minimal delapan hari dengan biaya sendiri,” jelas Luhut tentang syarat wisman masuk Bali.

Berikut adalah rangkuman pemberitaan media-media China tentang Bali dibuka untuk wisman:

1. Xinhua

Media arus utama di “Negeri Panda” ini memasang judul Indonesia to reopen Bali for international visitors from Oct. 14 pada Senin (4/10/2021).

Di Xinhua, dikatakan bahwa Bali dibuka untuk wisatawan asing karena penularan Covid-19 di Indonesia telah mereda.

“Indonesia akan menerima pengunjung internasional dari Korea Selatan, China, Jepang, Selandia Baru, serta dari Abu Dhabi dan Dubai dari Uni Emirat Arab, kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual,” tulis Xinhua.

Xinhua turut menyertakan istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang diperpanjang hingga 18 Oktober dengan melonggarkan sejumlah pembatasan di tempat-tempat umum termasuk pusat perbelanjaan, tempat hiburan, dan arena olahraga.

Berita Xinhua tentang Bali dibuka untuk wisman ini juga diduplikasi oleh Global Times, media China berbahasa Inggris, dengan judul sama.

Leave a Reply