Pemerintah Uji Coba Pembukaan Bali & Riau untuk WNA

Five elements retreat bali (Foto: Five elements retreat bali)

ihgma.com, Jakarta –  Pemerintah RI memutuskan membuka sektor pariwisata di beberapa daerah seperti Bali dan Kepulauan Riau. Sebagai langkah persiapan, pemerintah pun tengah melakukan simulasi sebelum resmi dibuka 14 Oktober mendatang.

Screening pelaku perjalanan internasional dilakukan secara ketat dan penuh kehati-hatian,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers Selasa (12/10/2021) seperti dilansir CNBC Indonesia.

Dia mengatakan perubahan durasi karantina menjadi lima hari, berdasarkan persyaratan administratif ketat. Wiku menyebutkan para turis harus menyertakan bukti vaksinasi penuh, kepemilikan asuransi kesehatan, dan bukti pemesanan akomodasi karantina, yang menjamin orang yang masuk adalah yang sehat.

“Khusus untuk pelaku perjalanan internasional akan diawasi oleh kantor kesehatan pelabuhan dan juga Satgas daerah setempat,” kata dia.

Wiku menegaskan pembukaan kembali pintu kedatangan internasional akan dilakukan secara bertahap sebagai langkah pemulihan ekonomi masyarakat. Penerapan kebijakan dilakukan secara bertahap sebagai antisipasi kenaikan kasus, dan semua pelaku perjalanan wajib menaati aturan yang ditetapkan

“Rincian pengaturan ini akan diumumkan pada SE Satgas dan akan diumumkan ke publik. Pemerintah merancang pembukaan kegiatan dengan hati-hati agar pemulihan ekonomi berjalan aman,” pungkasnya.

Apabila ada peserta perjalanan yang tidak memenuhi syarat akan ditolak masuk, dan diminta pulang ke negaranya. Satgas meminta pada pihak yang berwenang untuk mengawasi secara ketat. Jika ada pelanggaran maka harus ada sanksi tegas.

Leave a Reply