Pengurus IHGMA Dilantik, Siap Adu Kualitas Dengan GM Asing

MALANG, IHGMA.com – Organisasi terbilang istimewa lahir di Malang Raya, sabtu (26/4). Ya, pengurus dan anggota organisasi ini adalah orang-orang pilihan yakni General Manager (GM) Hotel atau top manajemen dalam sebuah bisnis perhotelan.

Nama organisasi tersebut adalah Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) Cabang Malang Raya. Meski IHGMA di Indonesia sudah berumur tiga tahun, di Malang Raya, kepengurusan yang hari ini (26/4) dilantik di The Shalimar Boutique, Hotel, merupakan kepengurusan pertama.

Total ada 33 General Manager Hotel yang tergabung dalam IHGMA Malang Raya.”Ini akan terus bertambah, apalagi di Malang Raya ada sekitar 200 hotel,” kata Ketua DPC IHGMA Malang Raya Indri Rahmayanti di sela-sela pelantikan.

Perempuan yang juga General Manager Bluebells Express Hotel Syariah, Kota Malang ini menambahkan, akan banyak kegiatan yang akan dilakukan oleh IHGMA Malang Raya.”Salah satunya adalah meningkatkan kompetensi anggota, agar tidak kalah dengan GM asing,” kata dia.

Ya, IHGMA memang dikhususkan untuk General Manager asli Indonesia. Untuk General Manager yang WNA (Warga Negara Asing) tidak bisa ikut organisasi.”Meskipun sebenarnya GM lokal tidak kalah, karena kami punya kekuatan lobi karena punya networking, paham budaya, dan lain-lain,” imbuhnya seperti dilansir dari Kumparan.

Dia juga mengatakan kalau IHGMA nantinya akan ikut serta menggeliatkan wisata di Malang Raya.”Semisal akan kami latih guide-guide bagaimana yang baik dan benar, dan lain-lain, akan banyak kegiatan nantinya, tunggu saja,” pungkasnya.

Sementara itu, Joko C Widiyanto, Ketua IHGMA Jawa Timur mengatakan, dengan dilantiknya pengurus IHGMA Malang Raya ini, total ada delapan daerah di Jawa Timur yang mempunyai pengurus IHGMA.”Untuk program kami ada program GM Hotel ini mengajar di kampus-kampus dan sekolah-sekolah perhotelan, biasanya sebulan sekali,” kata General Manager Pesonna Hotels, Cluster Surabaya-Gresik ini.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas GM lokal, pihaknya akan mendorong pihak hotel untuk mempunyai Certified Hotel Administrator (CHA).”Kalau sudah bertitel CHA sudah bisa jadi GM hotel di luar negeri, seperti saya dan bu Indri sudah bertitel CHA, jadi bisa jadi GM Hotel di luar negeri,” katanya lantas tertawa.

Sementara itu, hadir sejumlah tokoh dalam pelantikan tersebut. Diantaranya Managing Director Bluebells Express Hotel Agus Salim, Direktur Utama PD Jasa Yasa Ahmad Faiz Wildan, Pariwisata Disbudpar Kota Malang Agung H Bhuana, dan sejumlah tokoh lain.

Leave a Reply