Pengusaha Kembali Buka Hotel saat Kenormalan Baru

Palembang, Ihgma.com – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatra Selatan bersiap membuka kembali tempat usahanya setelah pemerintah menerapkan kenormalan baru (new normal).
 
“Ratusan hotel dan restoran yang tutup sementara dampak pandemi secara bertahap segera buka kembali ketika new normal diterapkan,” kata Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin di Palembang, Selasa, 2 Juni 2020.
 
Menurutnya pandemi ini menyebabkan bisnis pariwisata mengalami dampak yang serius, kegiatan wisata terhenti, pengunjung hotel dan restoran anjlok.

“Jika pandemi ini tidak segera berakhir dikhawatirkan akan banyak usaha terkait dengan sektor pariwisata menyusul jejak Airy Rooms,” jelasnya.
 
Dalam kondisi pasar yang sulit akibat aktivitas masyarakat dan ekonomi terhenti, pelaku usaha khususnya di sektor pariwisata hanya berusaha bertahan.
 
“Kemampuan bertahan memiliki waktu yang terbatas, jika kondisi berlarut-larut bukannya tidak mungkin pemilik hotel dan restoran di daerah ini satu persatu menutup usahanya,” ujarnya.
 
Menurut dia, untuk bertahap hidup mengatasi anjloknya pengguna jasa hotel dan restoran, anggota PHRI Sumsel sejak tiga bulan terakhir hingga sekarang melakukan tindakan efisiensi.
 
“Seperti merumahkan sebagian karyawan, menutup tempat usaha sementara waktu, dan ada yang melakukan sistem buka tutup,” ungkap Herlan.(medcom)

Leave a Reply