Polandia Cabut Aturan Karantina untuk Pelancong Tertentu yang Sudah Divaksinasi

Ilustrasi Polandia(Pixabay/pedro_wroclaw)

ihgma.com – Para pelancong dari negara-negara tertentu yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 diizinkan tidak melakukan karantina saat datang ke Polandia.

Seperti dilansir Lonely Planet, kebijakan baru ini berlaku pada para pelancong yang merupakan warga negara atau penduduk dari negara-negara Uni Eropa, serta beberapa negara lain.

Termasuk Islandia, Liechtenstein, Norwegia, Swiss, Georgia, Jepang, Kanada, Selandia Baru, Thailand, Korea Selatan, Tunisia, dan Australia, serta pasangan dan anak-anak mereka.

Sebelumnya, para pelancong diwajibkan secara hukum untuk melakukan karantina selama 10 hari. Informasi lebih lengkap mengenai syarat masuk ke Polandia bisa diakses di situs resmi berikut.

Aturan itu tidak lagi berlaku sejak Januari 2021, khusus untuk pelancong yang bisa menunjukkan bukti hasil negatif tes Covid-19 saat kedatangan yang sampelnya diambil 48 jam sebelum kedatangan.

Melansir Kompas Senin (22/2), sekarang aturan tersebut telah diperbarui, termasuk penghapusan kewajiban karantina untuk pelancong yang sudah divaksinasi.

Sejauh ini, Polandia memang sudah melonggarkan pembatasan untuk populasinya yang berjumlah sekitar 40 juta orang.

Ilustrasi Beasiswa Polandia(DOK. PIXABAY)

Negara ini sudah mengizinkan bukit-bukit ski kembali buka untuk periode percobaan selama dua minggu. Museum, galeri seni, dan pusat perbelanjaan juga sudah diizinkan buka kembali mulai 1 Februari 2021.

Bioskop, teater, gedung opera, dan hotel-hotel juga diizinkan beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen. Restoran baru diizinkan melayani pesan-antar, tentu saja dengan kewajiban memakai masker dan aturan jaga jarak.

Pesona Polandia

Para pelancong mungkin akan menemukan bahwa selain kota-kota besarnya kebanyakan kawasan Polandia masih terpencil dan belum terjamah.

Walaupun sebagian besar negara itu merupakan dataran, tapi di bagian perbatasan selatan berbatasan dengan barisan pegunungan yang rendah tapi indah.

Jalur pendakian yang baik melintasi negara tersebut, bisa membawa petualang melewati hutan lebat, menyusuri sungai yang luas, dan melewati gunung.

Sebagian besar wilayah Timur Laut Polandia ditutupi oleh danau dan saluran air yang saling berhubungan. Area tersebut sangat ideal untuk dijadikan area bermain kayak dan kano.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) per 21 Februari 2021, jumlah total kasus positif Covid-19 di Polandia hingga kini mencapai 1.638.767 kasus, dengan 42.171 kematian,

Leave a Reply