Pulau Simeulue, Surga Para Peselancar

Lokasi surfing di Simeulue. Foto: Abdul Hadi/acehkini

ihgma.com – Kepulauan Simeulue, dikenal sebagai salah satu kawasan wisata andalan di Aceh. Keindahan laut dan pantainya, menarik minat banyak wisatawan asing ke sana. Lokasinya yang berbatas langsung Samudera Hindia, membuat ombaknya menantang, menarik minat para surfer untuk uji nyali.

Sebelum pandemi COVID-19, banyak wisatawan yang datang ke sana untuk menjajal ombak-ombak besar. Pemerintah Aceh memanfaatkan hal itu, sejak 2013 sampai 2018 kompetisi Surfing Internasional berlangsung di sana yang diikuti puluhan peserta dari belasan negara.

Agenda Surfing Internasional di Simeulue kemudian masuk dalam kalender even wisata Aceh pada 2021, rencananya digelar pada bulan Juni lalu. Tapi pandemi Corona memaksa acara itu diundur sampai saat ini. “Belum dapat digelar karena pandemi, kita terus mengusahakan menggelarnya jika pandemi telah berlalu,” jelas Teuku Hendra Faisal, Kepala Bidang Pemasaran pada Disbudpar Aceh kepada acehkini, Minggu (12/9/2021) seperti dilansir Kumparan.

Ombak di Pulau Simeulue. Foto: Abdul Hadi/acehkini

Asisten III Pemerintahan Simeulu, Abdul Karim mengakui jika pandemi membuat kawasan wisata Simeulue sepi dari kunjungan wisatawan. Sejumlah even wisata juga diundur, termasuk Surfing Internasional Championship yang direncanakan berlangsung di pantai Matanurung.

Pantai Matanurung adalah tempat cocok untuk surfing. Lokasi yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, menjanjikan ketinggian ombak sampai 5 meter, bergulung memanjang, menantang surfer mana pun yang melihatnya.

Leave a Reply