RI Masih Buka Pintu Internasional, Ini Syarat Terbarunya

Airport Soekarno Hatta International arrival (Doc: Angkasa Pura II)

ihgma.com – Pemerintah masih membuka pintu kedatangan internasional pada masa PPKM Darurat ini. Hanya saja warga negara asing (WNA) yang masuk harus memenuhi beberapa kriteria yang ketat.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan menetapkan Surat Edaran (SE) nomor 47 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional dengan Transportasi Udara Dalam masa Pandemi Covid – 19. Dan Sudah berlaku sejak 6 Juli 2021 lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, mengatakan pelaku perjalanan internasional yang berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri, diizinkan memasuki Indonesia melalui protokol kesehatan.

Sementara, untuk WNA yang dapat memasuki Indonesia, hanya yang telah memenuhi kriteria peraturan perundang-undangan serta memenuhi persyaratan kesehatan. Adapun syaratnya ”

– WNI dan WNA harus menunjukkan hasil negatif RT – PCR dari negara asal yang sample-nya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam.

– Menunjukkan kartu/sertifikat telah menerima vaksin Covid – 19 dosis lengkap baik fisik atau digital

– Bagi WNI yang belum menerima vaksin di luar negeri setibanya di Indonesia akan dilakukan vaksinasi di tempat karantina, setelah dilakukan pemeriksaan RT-PCR kedua dengan hasil negatif dengan hasil negatif.

Sementara untuk WNA pemegang visa diplomatic dan visa dinas terkait kunjungan resmi kenegaraan pejabat asing setingkat Menteri ke atas dan WNA masuk ke Indonesia dengan skema Travel Corridor Arrangement tidak wajib menunjukkan kartu telah menerima vaksin dosis lengkap, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Sedangkan bagi WNA yang sudah berada di Indonesia dan akan melakukan perjalanan domestik antar bandara di Pulau Jawa, dan penerbangan dari atau ke bandara di Pulau Jawa dan Pulau Bali wajib menunjukkan kartu vaksin dosis lengkap, sedangkan untuk perjalanan internasional ke luar negeri tidak diwajibkan”, ujar Novie seperti dilansir CNBC Indonesia.

Leave a Reply