RI Tutup Pintu, WNA Travel Corridor Juga Dilarang Masuk

Foto: Candi Borobudur (Dok.borobudurpark.com)

ihgma.com – Pemerintah Indonesia memutuskan melarang masuk warga negara asing (WNA). Ini berlaku bagi semua WNA mulai 1 hingga 14 Januari 2021.

Aturan juga berlaku untuk negara di mana RI membuat perjanjian Traver Corridor Agreement. Seperti Uni Emirat Arab (UEA), China, Korsel dan Singapura.

Melansir CNBC Indonesia Selasa (29/12), sebelumnya kesepakatan itu memungkinkan warga dari negara-negara tersebut masuk tanah air dengan memperhatikan protokol kesehatan. Secara general, warga asing dan transit sudah dilarang sejak April, berdasarkan Permenkumham 11 tahun 2020.

“Diputuskan, kita menutup keseluruhan WNA,” kata Sekretaris Jendral Kementerian Luar Negeri, Cecep Herawan, dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/12/2020).

“Jadi intinya pengaturan-pengaturan khusus Travel Corridor, 1-14 Januari 2021 ditangguhkan.”

Ia mengatakan hal tersebut untuk mengamankan wilayah RI. Menurutnya lagi, segala kebijakan sudah sesuai dengan kajian ilmiah dan memperhatikan sebaran secara global.

Sebelumnya, untuk WNA yang tiba sebelum penutupan berlaku, hingga 31 Desember, pemerintah akan memberlakukan ketentuan dalam adendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020. Ada 3 poin yakni:

a. Menunjukkan hasil tes melalui RT-PCR di negara asal maksimal 2×24 sebelum jam keberangkatan dan dilampirkan saat pemeriksaan kesehatan atau e-HAC Indonesia

b. Saat kedatangan di Indonesia melakukan pemeriksaan ulang PCR. Apabila hasilnya negatif, maka WNA melakukan karantina wajib selama 5 hari terhitung sejak tanggal kedatangan di tempat akomodasi karantina yang disediakan pemerintah

c. Setelah karantina 5 hari, dilakukan pemeriksaan ulang RT PCR. Apabila hasilnya negatif maka pengunjung diperkenankan meneruskan perjalanan

Namun aturan ini tidak akan berlaku bagi WNI yang kembali ke tanah air. Perlakuan ke WNI masih akan merujuk pada adendum SE.

WNA yang berstatus pejabat menteri atau setingkat menteri atas juga dikecualikan. Mereka bisa masuk dengan protokol ketat.

 

readyviewed

Leave a Reply