Seluruh Anggota PHRI Lampung Sudah Ikut Sertifikasi CHSE

Bandar Lampung, Ihgma.com – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Lampung memastikan, semua anggotanya telah mengikuti program sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability). Program itu diusung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sertifikasi CHSE merupakan proses pemberian sertifikat pada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk pariwisata lainnya. Tujuannya, memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Selain itu, program sertifikasi CHSE juga diharapkan mampu membangkitkan industri pariwisata dan perhotelan di tengah masa pandemik COVID-19.

1. PHRI Lampung memastikan seluruh anggotanya sudah terdaftar Sertifikasi CHSE

Seluruh Anggota PHRI Lampung Sudah Ikut Sertifikasi CHSEIlustrasi hotel (IDN Times/Anata)

Sekretaris DPD PHRI Lampung, Friandi Indrawan, mengatakan, pihaknya bisa memastikan seluruh anggota PHRI Lampung sudah terdaftar dan mengikuti program sertifikasi CHSE Kemenparekraf.

Pasalnya, PHRI Lampung telah berkomitmen untuk mengajak semua anggota segera merealisasikan sertifikasi tersebut, demi kepentingan manajemen masing-masing hotel. Namun Friandi menyatakan, belum semuanya mengantongi sertifikat itu.

“Kalau untuk pengajuan seratus persen, ada yang sudah pegang sertifikat, ada sudah lulus tapi sertifikatnya belum keluar, ada juga yang lagi proses audit. Sementara yang sudah dan belum itu sekitar 70 sampai 80 persen, sisanya masih menunggu jadwal auditor,” ujar Didi, sapaan akrabnya,” Kamis (4/3/2021).

2. Upaya mendorong manajemen hotel mengikuti Sertifikasi CHSE

Seluruh Anggota PHRI Lampung Sudah Ikut Sertifikasi CHSEInstagram

Dalam proses pengajuan sertifikasi CHSE Didi, menjelaskan, setiap hotel yang mengajukan harus lebih dulu mengikuti program assessment. Setelah terverifikasi, tim audit akan menjadwalkan kunjungan, untuk melakukan pemeriksaan pada pihak hotel.

Melihat manfaat yang dihadirkan sertifikat CHSE, PHRI Lampung melakukan sejumlah langkah-langkah dalam menginstruksikan dan mendorong setiap hotel untuk mengikuti program CHSE. Di antaranya, mengajak dan melakukan pendataan hotel di bawah keanggotaan PHRI Lampung.

“Tentu, diharapkan kunjungan perhotelan di Lampung semakin meningkat. Kita yang push kita dorong setiap hari, minta mereka untuk segera menjalankan program ini, kita juga melakukan pendekatan dan menanyakan kendala yang menghambatnya,” imbuh Didi

3. Dukungan PHRI Lampung di tengah masa pandemik COVID-19

Seluruh Anggota PHRI Lampung Sudah Ikut Sertifikasi CHSESebuah hotel tutup sementara akibat wabah COVID-19 (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Meski di tengah masa pandemik COVID-19, PHRI Lampung tetap gencar memberikan dukungan terhadap geliat industri perhotelan dan restauran.

Didi, menjelaskan, PHRI Lampung percaya setiap dukungan terhadap anggotanya dapat menghasilkan berbagai stimulus di bisa dihasilkan.

“Berkat negosiasi kita dengan pemerintah setempat dengan beberapa pihak dipemdrintahan. Termasuk OJK , perpajakan, dan lain-lain, yang intinya kita selalu mempermudah segala urusannya, untuk kepentingan dan perkembangan anggota kita,” tandas Didi. (syaf/idn)

Leave a Reply