Siap-siap! Thailand Buka Pintu bagi Turis Asing yang Sudah Divaksin Mulai 1 Juli

Gajah-gajah yang ada di taman nasional Chiang Mai, Thailand Foto: Shutter Stock

ihgma.com – Pemerintah Thailand akan membuka pintu pariwisata bagi wisatawan mancanegara yang sudah divaksin COVID-19 berkunjung ke negaranya. Kebijakan ini akan berlaku mulai 1 Juli mendatang.

Dilansir Kumparan dari The Independent, Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-Ocha, menyetujui rencana tersebut dalam pertemuan Pusat Administrasi Situasi Ekonomi pada beberapa waktu lalu. Sementara itu, untuk wisatawan asal Inggris, Negeri Gajah Putih itu hanya mengizinkan pelancong yang berusia 50 tahun ke atas.

Sebuah program percontohan akan dimulai pada 1 Juli di Pulau Phuket di barat daya Thailand. Para wisatawan yang dapat membuktikan sudah divaksin, akan dibawa dari bandara ke hotel tempat mereka menginap.

Wisatawan berfoto di sebuah dekorasi Negara Thailand di kawasan wisata The Great Asia Africa di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (12/2/2021). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO

Selanjutnya, mereka akan menjalani tes COVID-19 terlebih dahulu. Setelah tes menunjukkan hasil negatif, wisatawan asing dapat bepergian dengan bebas di sekitar Phuket selama seminggu.

Setelah tujuh hari, mereka akan dapat menjelajahi seluruh destinasi di penjuru negeri Gajah Putih tersebut. Mereka dapat meninggalkan pulau melalui jalur udara, laut, atau jembatan jalan raya ke daratan.

Menjelang pembukaan pariwisata Thailand, negara tersebut memang memprioritaskan warga Phuket dalam program vaksinasi. Tujuannya adalah agar 70 persen dari populasi pulau itu divaksin sebelum pariwisata dibuka.

Kuil Wat Plai Laem yang populer karena Patung Dewa bertangan 18 di Koh Samui, Thailand Foto: Shutterstock

Setelah uji coba pembukaan wisatawan asing di Pulau Phuket berhasil, Pemerintah Thailand akan membuka 5 destinasi wisata lainnya pada 1 Oktober, yakni kawasan resor di daratan Phangnga dan Krabi, masing-masing di utara dan timur Phuket; Pulau Koh Samui di Teluk Thailand; area di sekitar resor populer Pattaya, sebelah timur Bangkok; dan kota utara Chiang Mai.

Gubernur Otoritas Pariwisata Thailand Yuthasak Supasorn, mengatakan periode karantina hotel akan dikurangi setengahnya menjadi tujuh hari untuk pengunjung yang telah divaksinasi.

Sedangkan Semua tujuan lain di Thailand akan dikenai karantina selama 10 hari pada saat kedatangan. Saat ini periode isolasi diri adalah dua minggu, tetapi mulai 1 April, aturan itu akan dikurangi menjadi 10 hari.

 

Leave a Reply