Soal Wisata Boleh Buka, Kemenparekraf Lempar Bola ke Pemda

Penari dari sekolah Tuna Rungu dan peserta dari luar negeri yang ikut di acara Kartini Go Sirf 2021 (Foto : Redaksi IHGMA)

ihgma.com – Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Raden Kurleni Ukar mengatakan kebijakan untuk membuka objek wisata diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah (Pemda).

“Kebijakan membuka tempat-tempat wisata ada di Pemda. Kita kementerian hanya bisa memberikan himbauan bagaimana membuka dengan aman,” jelas Raden Kurleni dalam sebuah webinar, Selasa (27/4/2021).

Melansir CNBC Indonesia, selain itu pembukaan objek wisata di daerah, juga pemerintah pusat memastikan agar Pemda bisa mengatur kerumunan atau crowd control.

“Tapi seluruh keputusannya diserahkan ke Pemda. Karena Pemda yang tahu kondisi daerahnya. Apakah hijau, apakah merah kembali. Mereka yang bisa melakukan aksi untuk itu,” kata Raden melanjutkan.

Pada saat yang sama, Ekonom Core Akhmad Akbar memandang pembukaan objek wisata memang bukan pilihan yang mudah. Di satu sisi jika segera dibuka bisa menggerakkan perekonomian, namun ada risiko yang bisa membuat penularan kasus Covid-19 bisa meningkat.

Menurut Akbar, menyarankan agar pemerintah, baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk bersabar dengan tidak membuka pembukaan objek wisata.

“Lebih baik kita bersabar dan diharapkan bisa membantu kebangkitan pariwisata, tidak terburu-buru membuka objek pariwisata. Kecuali mampu mengendalikan potensi-potensi risiko yang ada di sana,” jelas Akbar.

Leave a Reply