Syaratkan Sertifikat Vaksinasi, Spanyol Bersiap Sambut Turis Asing Mulai Juni

Ilustrasi Spanyol Foto: Dok. Wikimedia Commons

ihgma.com – Beberapa negara bersiap untuk menyambut turis internasional seiring kembali pulihnya perjalanan pasca-pandemi COVID-19. Seperti halnya Spanyol yang berencana membuka kembali pintunya untuk turis asing pada Juni 2021 mendatang.

Dilansir Kumparan dari Lonely Planet, dalam rangka menyambut turis asing pada Juni mendatang, Negeri Matador memperkenalkan sertifikat vaksinasi digital bagi turis.

Jalanan menuju Plaza de Espana di Kota Barcelona Foto: Shutter Stock

Dalam KTT Dewan Perjalanan & Pariwisata Dunia yang digelar di Meksiko pada Selasa (27/4), Sekretaris Dewan Pariwisata Spanyol, Fernando Valdes, mengatakan Spanyol bersiap untuk menyambut kembali wisatawan dengan menggunakan sertifikat vaksinasi digital sebagai syarat perjalanan.

Selain itu, sebelumnya Spanyol juga telah melakukan uji coba tersebut di bandara-bandara mereka.

“Spanyol akan siap pada bulan Juni untuk memberi tahu semua pelancong di seluruh dunia bahwa Anda dapat mengunjungi kami,” ujar Valdes seperti dilaporkan kantor berita Spanyol Europa Press.

Pemandangan Indahnya Kota Barcelona Foto: Pixabay

Valdes menambahkan, sertifikat digital tersebut akan menjadi bukti bahwa turis telah divaksinasi atau menunjukkan bahwa mereka negatif dari COVID-19.

Selain itu, Uni Eropa juga sedang dalam masa penjajakan dengan Amerika Serikat tentang mengizinkan warga negara Amerika yang divaksinasi untuk mengunjungi Eropa musim panas ini.

Spanyol menjadi negara kedua paling banyak dikunjungi di dunia setelah Prancis. Sebanyak 80 juta turis datang ke Spanyol setiap tahunnya.

Ilustrasi wisatawan yang sednag berlibur Foto: Shutter Stock

Ketika negara tersebut melakukan lockdown akibat COVID-19, sektor pariwisata Spanyol yang menyumbang sekitar 12 persen GDP (produk domestik bruto) negara tersebut pun terhenti.

Namun, seiring dilakukannya vaksinasi di negara tersebut, Pemerintah Spanyol optimistis sektor pariwisata akan segera bangkit.

Pemerintah Spanyol pun menargetkan sekitar 70 persen warganya bisa divaksinasi hingga musim panas ini. Menurut laporan El Pais, saat ini proses vaksinasi di Spanyol sudah mencapai 22 persen.

 

Leave a Reply