Thailand Luncurkan Pusat Informasi untuk Turis yang Sudah Divaksinasi

View of the Chao Phraya River as it passes through Bang Kho Laem and Khlong San districts (Doc: Wkipedia)

ihgma.com – Thailand meluncurkan Entry Thailand, sebuah pusat informasi online untuk wisatawan mancanegara yang sudah divaksinasi Covid-19, pada Rabu (21/4/2021).

Mengutip Kompas dari Tourism Authority of Thailand (TAT), pusat informasi yang berada di bawah lembaga pemerintah itu bertujuan membantu wisatawan asing dalam mempersiapkan kunjungan mereka ke Thailand.

Entry Thailand terdiri dari enam langkah, yakni Registrasi Certificate of Entry (CoE), Penerbangan, Karantina, Asuransi, Status CoE, dan Tiba di Thailand.

Pada Registrasi CoE, wisatawan akan ditanya apa mereka sudah memiliki CoE. Jika memilih “belum”, maka mereka akan diarahkan ke situs CoE Thailand. Proses pra-persetujuan CoE memakan waktu tiga hari.

Selanjutnya pada bagian Penerbangan, akan ada pertanyaan apakah mereka sudah memesan tiket pesawat atau belum. Bagian ini berlaku untuk penerbangan komersial maupun repatriasi. Tiket harus dibeli dalam kurun waktu 15 hari setelah mendapat pra-persetujuan CoE.

Pada bagian Karantina, jika belum memesan tempat karantina, maka wisatawan akan diarahkan ke laman Alternative Quarantine in Thailand. Mereka harus mengisi lokasi karantina, asal negara, jadwal check-in serta check-out, dan informasi lainnya.

Mereka sebaiknya memesan hotel tempat mereka akan dikarantina dalam jangka waktu 15 hari setelah menerima pra-persetujuan CoE. Informasi yang mereka masukan akan otomatis tercatat di sistem CoE.

Di bagian Asuransi, wisatawan disarankan membeli asuransi jiwa terkait Covid-19 dalam jangka waktu 15 hari setelah menerima pra-persetujuan CoE.

Ilustrasi Thailand – Grand Palace di Bangkok.(SHUTTERSTOCK)

Pada Status CoE, wisatawan dapat memeriksa status CoE mereka sambil menyiapkan dokumen-dokumen lain sebelum kunjungan.

Di langkah terakhir yaitu Tiba di Thailand, wisatawan disarankan mengunduh dan mendaftar di aplikasi ThailandPlus, melengkapi Deklarasi Kesehatan Thailand (Thailand Health Declaration), dan menyiapkan dokumen lain.

Wisatawan yang telah divaksinasi sesuai vaksin yang disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atau yang teregistrasi di Kementerian Kesehatan Thailand tak lebih dari 14 hari sebelum tanggal keberangkatan dapat berkunjung ke Thailand, mereka mendapat masa karantina tujuh hari.

Sementara itu bagi wisatawan yang belum divaksinasi, mereka harus dikarantina selama 10 hari.

Thailand juga memberlakukan masa karantina 14 hari bagi turis yang berasal dari 11 negara tertentu, yakni Afrika Selatan, Zimbabwe, Mozambik, Botswana, Zambia, Kenya, Rwanda, Kamerun, Republik Demokratik Kongo, Republik Ghana, dan Republik Bersatu Tanzania.

Leave a Reply