Vaksinasi Petugas Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali Guna Kesiapan Rencana Pembukaan Penerbangan Internasional ke Bali

Hotel di Bali Sepi Imbas Mahalnya Harga Tiket Pesawat

Bali, ihgma.com – Pulau Bali merupakan surga dunia yang selalu menjadi tujuan para turis baik domestik maupun mancanegara. Panorama kecantikan alam serta tradisi seni dan budaya adalah sihir yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk kembali ke pulau seribu pura ini.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa sejak awal 2020 dunia sedang dihadapkan pada pandemi Covid-19 yang berdampak ke berbagai sektor termasuk pariwisata di Bali. Namun demikian, saat ini Industri pariwisata di Bali menyatakan siap untuk menjalani tatanan kenormalan baru/new normal pariwisata yang dalam praktiknya nanti akan lebih mengedepankan protokol kebersihan, keamanan, dan kesehatan sebagai kebutuhan utama wisatawan salah satunya dengan pemberian vaksinasi Covid-19.

Press Release diterima redaksi ihgma.com dari Taufan Yudhistira, Stakeholder Relation Manager pada hari Senin (22/3).

Sejalan dengan program pemerintah Provinsi Bali menyambut momentum new normal dengan mulai dibukanya pariwisata Bali bagi wisatawan Domestik pada 31 Juli 2020 lalu dan rencana pembukaan pariwisata Bali bagi turis mancanegara, kami meyakini bahwa hal ini merupakan langkah awal yang sangat positif bagi kebangkitan pariwisata Bali.

Optimisme ini juga dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo yang memperkirakan bahwa akan ada sebuah ledakan wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Indonesia setelah masa pandemi Covid-19 berakhir dan sektor pariwisata Tanah Air akan mengalami lonjakan. Terlebih lagi dengan dianugerahkannya Bali sebagai “World’s Most Popular Destination 2021” oleh Traveler Choice Awards 2021 yang diselenggarakan oleh TripAdvisor, situs web wisata terbesar di dunia, maka dapat diprediksi bahwa ketika tahun 2020 rencana perjalanan dari Turis Domestik dan Internasional telah ditunda karena Pandemi Covid-19, tentu akan berdampak pada peningkatan lalu lintas wisata pengunjung Bali pada tahun berikutnya.

Sebagai tulang punggung pariwisata Indonesia yang mengalami dampak signifikan akibat pandemi Covid-19, pembukaan pariwisata bagi wisatawan mancanegara sangat dinantikan oleh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali. Oleh karenanya, Pemerintah Pusat bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memprioritaskan pemberian vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali. Sebagai salah satu pelayanan masyarakat di bidang pariwisata, seluruh komunitas Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali sebagai petugas dari pintu gerbang utama pariwisata Bali pun mendapat prioritas untuk mendapatkan vaksinasi jenis sinovac. Pemberian vaksinasi sinovac bagi petugas bandara ini dilaksanakan pada tanggal 22 – 26 Maret 2021 bertempat di Terminal Internasional Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Herry A.Y. Sikado, General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai – Bali mengatakan “Komitmen kami dalam mengatasi pandemi COVID-19 sampai saat sekarang masih mewabah dengan melakukan vaksinasi kepada seluruh petugas di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali dengan total sekitar 5.000 orang yang terdiri dari 26 perusahaan yang tergabung dalam komunitas bandara. Setelah sebelumnya sekitar 600 pegawai PT. Angkasa Pura I (Persero) yang bertugas di bandara telah lebih dulu melaksanakan vaksinasi pada minggu lalu berlokasi di BNDCC Nusa Dua Bali.”

“Pelaksanaan kegiatan tersebut diinisiasi oleh Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV dan pelaksana vaksinasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar, yang sebelumnya telah dilakukan rapat teknis agar terlaksana sesuai harapan, serta didukung oleh Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai – Bali dengan memfasilitasi di Area Terminal Internasional dan personil telah kami libatkan juga untuk membantu kelancaran vaksinasi, utamanya penerapan protokol kesehatan yang baik,” ungkap Herry.

Sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam memprioritaskan vaksinasi bagi pelaku pariwisata, pada 22 Maret 2021 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkunjung untuk menyaksikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan “Apabila seluruh proses vaksinasi prioritas bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif berjalan lancar, tingkat kasus Covid-19 dapat dikendalikan maka sinyal dari pemerintah untuk membuka pariwisata internasional di Bali pada Juni atau Juli 2021 dapat diwujudkan”.

Diharapkan dengan diselenggarakannya pemberian vaksinasi ini dapat menekan pandemi COVID-19 didukung dengan penerapan disiplin protokol kesehatan yang ketat akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat menggunakan transportasi udara, serta membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi Bali dalam tatanan kenormalan baru ini.

 

Leave a Reply