Wisata Dusun Semilir Akan Bagi 1.884 Tiket Gratis, tetapi…

Dusun Semilir Eco Park di Bawen dengan Arsitektur yang Unik.(Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

ihgma.com – Wisata Dusun Semilir di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, akan membagikan tiket gratis.

Akan tetapi, tiket gratis itu bukan untuk wisatawan umum, melainkan warga yang tinggal di sekitar Dusun Semilir seperti dilansir Kompas Jumat (19/2).

Total ada 1.884 tiket gratis yang dibagikan kepada warga RW 1 Lingkungan Ngemplak, Desa Bawen, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

General Manager Dusun Semilir Agus Sasongko mengatakan, pemberian tiket tersebut bertujuan untuk berbagi kebahagiaan dengan warga pada masa pandemi Covid-19.

“Dusun Semilir dengan warga akan saling mendukung, kita menciptakan mutualisme,” kata dia di Kantor Kelurahan Bawen, Jumat (19/2/2021).

Selain pemberian tiket gratis, Dusun Semilir juga membantu pembuatan sumur air bersih yang dialirkan di wilayah RW 1 Lingkungan Ngemplak Desa Bawen.

“Kita juga memprioritaskan pelaku UMKM dari warga sekitar untuk memasarkan produknya di Dusun Semilir,” imbuh dia.

Wahana Prosotan di Dusun Semilir yang viral di media sosial.(KOMPAS.com/IST)

Agus melanjutkan bahwa selama masa PPKM Mikro, kunjungan wisatawan di Dusun Semilir menurun drastis. Bahkan, jumlah pengunjung tidak pernah mencapai 50 persen dari kapasitas.

“Memang ada pembatasan dari pemerintah untuk kunjungan, tapi tanpa dibatasi jumlah pengunjung tidak pernah sampai 50 persen,” sambung dia.

Pihaknya berharap setelah masa PPKM mikro berakhir pada 22 Februari 2021, ada kebijakan yang berpihak kepada dunia pariwisata agar bisa bangkit dan perekonomian kembali berputar.

Sementara itu, Lurah Bawen Hartono, selain berterima kasih, juga berharap agar UMKM masyarakat setempat tetap mendapat prioritas di Dusun Semilir.

Leave a Reply