Yurianto: Hilangkan Kebiasaan Sajikan Makan Minum di Ruang Rapat

Jakarta, ihgma.com – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meminta kebiasaan menyajikan makanan dan minuman saat rapat di kantor ditiadakan.

Hal tersebut diperlukan untuk mencegah kemungkinan penularan Covid-19.

Seperti dilansir Kompas.com Senin 20/7/2020, “Diupayakan tidak ada hidangan makan dan minum apapun selama rapat sehingga semua tetap menggunakan masker tanpa ada kesempatan membukanya. Hilangkan kebiasaan sajikan makan minum di ruang rapat,” kata Yurianto dalam konferensi pers di BNPB, Minggu (19/7/2020).

Imbauan itu disampaikan lantaran saat ini kegiatan perkantoran sudah dimulai.

Yurianto menuturkan, selain tak menyajikan makanan dan minuman, beberapa hal perlu diperhatikan apabila akan mengadakan pertemuan fisik seperti rapat di kantor.

Antara lain memastikan rapat dihadiri orang-orang yang tidak sakit dan juga kapasitas ruangan yang menjamin agar jaga jarak bisa dilakukan.

Rapat juga sebaiknya membatasi presentasi untuk yang betul-betul penting. Pelaksanaan rapat juga mesti dibatasi waktu.

Apabila topik yang dibahas banyak, Yurianto menganjurkan, sebaiknya dibagi ke dalam beberapa sesi.

“Oleh karena itu, rencanakan dengan baik agar rapat bisa berjalan efektif, efisien, dan singkat. Kami tak mau ruang rapat yang terbatas dan sirkulasi tertutup jadi tempat sekadar ngobrol sehingga disiplin jam rapat penting, diupayakan tidak lebih dari setengah jam,” kata dia.

“Tidak menyiapkan makanan dan minuman di ruang rapat yang memungkinkan penularan apabila salah satu orang positif (Covid-19) tanpa gejala,” lanjut dia.

Adapun pada Minggu (19/7/2020) kasus Covid-19 di Tanah Air sebanyak 86.521. Dari jumlah tersebut sebanyak 45.401 orang sembuh dan 4.143 meninggal dunia.

Leave a Reply